Selasa, 29 Juni 2010

Kawah Ratu,, another amazing journey with my friends :)

Sabtu, 12 Juni 2008

Kalo trip sembromo taglinenya “Biar kata Bromo berkabut, air Sempu surut, perjalanan tetep yahuuutt ama temen2 imut mirip marmut lagi kentut” (yang ternyata Bromo tak berkabut sama sekali dan air Sempu jauh dari kata surut ^^,),, perjalanan kali ini taglinenya “Another amazing journey”,, singkat tapi sangat menggambarkan suasana trip kali ini.

Cerita bermula ketika anak2 tokek pengen kopdar dengan mengadakan mini trip ke kawah ratu dan curug sekitarnya. Dari awal saya pengen banget ikut, tapi karena tiap sabtu sore ada agenda rutin dan hari minggu siang harus ngajar, saya pun jadi bimbang bukan kepalang. Sampai tengah malam hari jumat saya masih belum memutuskan akan ikut/nggak trip kali ini. Paginya saya bangun pagi dan terlintas begitu saja untuk ikut trip,, setelah telponan ama KS nya, saya pun minta ditungguin kalo saya telat, dan yap,, akhirnya saya packing super kilat dan langsung cabut ke stasiun bogor, meeting point sama anak2 yang lain.

Niatnya berangkat dari stasiun bogor jam 8, tapi karena anak2 pada belom sarapan kami pun sarapan rame2 dulu di deket stasiun bogor dan baru berangkat sekitar jam 9.30 pagi. Perjalanan ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) ternyata cukup lama,, itu karena gak ada satu pun dari kami pernah ke kawah ratu sebelumnya, alhasil kami muter2 di dalem TNGHS ini yang memakan waktu lama sehingga baru sampe di pintu masuk tempat start awal trekking ke kawah ratu jam 12 siang.

Setelah beli makanan bungkusan buat di makan di sana kami pun mulai trekking ke kawah ratu pada pukul 1 siang. Baru sebentar kami jalan, pas banget di gerbang kawah ratu, ujan lebat turun. Kami nunggu sampe 10 menit ternyata langit tak berhenti menangis,, dari pada kami ikut2an nangis gak jadi ke kawah ratu alhasil kami terobos aja tuh hujan gede dengan semangat kami yang juga gede,, Alhamdulilah KS udah nyuruh kami bawa jas ujan (tapi KS nya sendiri gak bawa :hammer).

Perjalanan terasa makin menyenangkan waktu kami harus melalui baik sungai asli yang memang udah dari sananya ada, maupun sungai dadakan yang terjadi karena ujan lebat ini. Semakin ke dalam tumbuhan makin lebat dan jalanan makin kecil, berbatu, mendaki dan menurun. Ceprat ceprot,, jadi inget waktu trekking di sempu, tapi bedanya di sini gak berlumpur hanya becek aja, sedangkan sempu mah full of mud *sigh

Setelah berjam2 kami berjalan dengan didampingi hujan yang tak kunjung berenti akhirnya kami sampe di kawah mati 1,, suasananya mistis banget, kaya abis kebakaran hutan. Pohon2 mati yang udah pada kering di tambah bau belerang dan gradasi warna bebatuan sekitarnya yang eksotis membuat diri ini ingin berlama2 di sini,, tapi sayangnya gak bisa coz kami dikejar waktu. Kawah mati 1 terlewati sampailah kami di kawah mati 2,, pemandangan yang mirip sama kawah mati 1 hanya saja lebih besar dan ada air yang mengalir di bawahnya (lumayan buat cuci kaki) ples jalanan mulai berlumpur yang lebih mirip sabun colek, warna ijo toska dan lembut2 gimana gitu…

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3,5 jam,, sampe juga kami di kawah ratu. Tanpa ba bi bu lagi anak2 langsung buka bungkusan makanannya dan melahap apa yang ada di dalamnya dengan ganas. Nasi ama telor dadar yang super kecil pun lantas jadi makanan terenak sedunia yang pernah kami makan waktu itu,, gimana nggak,, wong makan cuma sarapan aja paginya trus gak makan siang dan energy habis buat trekking selama itu,, akhirnya ya pada kalap lah :)

Sayang sungguh di sayang kami gak bisa berlama-lama di sini, hari udah menunjukkan pukul lima dan tentunya perjalanan pulang akan sangat lama karena gelapnya hutan. Setelah poto2 sebentar kami pun langsung berangkat lagi memulai trekking perjalanan pulang tanpa tau kejutan2 apa yang ada di depan,, halahh

Perjalanan pulang terasa jauh lebih berat,, kondisi kami yang berangkat ber-18 orang tapi yang bawa senter cuma dua :hammer, yang lainnya pake senter hape dan tentu gak maksimal pencahayannya. Ternyata di sungai dadakan yang kami lewatin pas pergi udah berubah jadi tanah berlumpur yang super licin,, hampir semua dari kami pernah jatuh kepleset, termasuk saya yang jatuh terduduk dan langsung berpegangan sama tumbuhan sekitar saya,, kalo nggak mungkin saya udah terperosok ke bawah yang entah berapa meter kedalamannya.

Di tengah2 perjalanan kami liat kunang2 yang bikin suasana jadi ceria, ada yang baru kali ini liat kunang2 bahkan,, kami juga disuguhi pemandangan alam yang luar biasa di atas kami,, ratusan bintang berserakan di langit malam tanpa ada yang mau absen satu juga,, dan di kegelapan malem tengah hutan gini cahaya bintang terlihat sangat terang, menjadi lampu2 alami sepanjang perjalanan kami (selain di tengah laut, kalo mau liat bintang gemerlapan sangat terang tanpa terhalang satu pun,, pergilah ke tengah hutan ^^<). Sepanjang perjalanan juga kami disuguhi hiburan2 menggelikan yang dilakukan ama uthub dan ella,, si uthub yang bergizi cukup yang tiba2 jadi bisa split sempurna, dan si ella yang mau kepleset tapi jadinya malah kaya dansa sambil kayang sambil pegangan ama si muss,, hadeuhh kalo inget jadi ngakak sendiri…

Ternyata perjalanan yang kami lewati pas pergi dengan perjalanan pulang berbeda sedikit di akhir2, itu karena kami salah ambil jalan pas ada belokan. Nah pas udah sampe di jalan besar dengan kondisi masih gelap gulita, baru deh pada cerita2 horor (giliran pas di hutan aje pada kagak cerita2 serem, pas udah keluar hutan baru pada songong2an cerita serem (_ _0). Dan saya baru tau tentang mitos suara anak ayam di malam hari. Katanya kalo denger suara anak ayam di malam hari itu identik dengan kemunculan tante kunti,, kalo suara anak ayamnya jauh berarti tante kuntinya deket,, kalo suara anak ayamnya deket berarti tante kuntinya jauh,, dan kebetulan waktu itu kami denger suara anak ayam dari jauh,, wahahahha,, langsung pada heboh dah pas cerita beginian n lari2 gak jelas,, *berarti si tante kunti takut ama anak ayam kali ya..

Akhirnya setelah kurang lebih 9 jam, dan bisa dikatakan non-stop, kami berjalan akhirnya kami sampe juga di warung starting point kami sebelumnya. Anaconda yang udah ngamuk dari tadi akhirnya saya jinakkan dengan mie rebus telor panas + teh manis hangat,, yang lagi2 terasa makanan paling enak sedunia. Setelah shalat Isya kami pun pindah ke villa (yang lebih tepat dikatan bilik)dengan ojek yang ditumpangi bertiga,, dan udaranya itu loh,,, dingin bangeettt dahh.

Sampe di penginepan saya niatnya pengen begadang aja ikutan main or sekedar ngobrol2 ama anak2 yang lain,, tapi gak jadi karena udah tepar ketiduran,, padahal niat awal saya ikut trip ini kan buat ngobrol, maen uno, becanda2 sama temen2 pas malemnya, eh malah molor (_ _0)

Niat hati pengen ikutan ke curug2 sekitar juga, apa daya saya harus banget ngajar coz ini pertemuan terakhir, alhasil saya pulang duluan bareng kloter pertama. Bukannya langsung pulang kami malah mampir dulu di kebun raya bogor cuma buat ke museum zoology,, padahal niatnya mau muter2 sekalian tapi karena udah pada tepar jadilah kami langsung balik,, hadeuhhh

Segitu aja catper kali ini,, mudah2an memori tentang perjalanan2 yang saya alami terus tersimpan rapi di kotak memori ini. Emang bener banget kata Trinity,, it’s not the destination, but the journey. Meskipun destinasi perjalanan kali ini tidak terlalu memenuhi harapan,, tapi perjalanannya sungguh sangat melampaui apa yang kami harapkan,,, rasanya pengen terus2an ngetrip bareng tokek deh :)