Sabtu, 14 Mei 2011

(Tips) Mengerjakan Skripsi Dengan Cepat

Postingan kali ini saya mau berbagi sedikit tips untuk yang membaca blog ini tentang gimana sih cara ngerjain skripsi ini dengan cepat? Tips ini dapetnya dari pengalaman pribadi aja, ga ada penelitian kualitatif ataupun kuantitatif untuk ngebuatnya.

Tak usah berbasa-basi-busuk lagi, ini dia 8 tips yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan skripsi dengan cepat:



1. Bikin target per bab/sub bab/bagian lain. Kalo udah ada target, selesein kerjaanmu sesuai target yang udah dibuat. Kerjain aja sebisanya dulu, yang penting harus bisa ngumpulin sesuai target. Ketika ada jeda bimbingan selanjutnya cari data yang kurang, pas udah bimbingan biasanya ada revisi, masukin data baru yang kita temuin dalam revisi itu. Tips pertama ini lebih cocok dilakuin buat mahasiswa yang dapet doping (dosen pembimbing) super sibuk.

2. Terkait informan, terus follow up dengan nelpon. Ingat!! Mereka punya urusan yang jauh lebih banyak dari kita, jadi ga ada salahnya kalo kita terus mengingatkan mereka, bisa aja pada lupa kalo ga diingetin.

3. Jangan stuck di satu bagian. Kalo dah stuck di satu bagian segera kerjain bagian laen. Gapapa jadi berantakan, ntar pas dah ada ide lagi baru diedit biar alurnya smooth

4. Kalo ada waktu senggang, kerjain hal perintilan kaya kata pengantar, dll. Hal perintilan kaya gitu cukup ngabisin waktu. Bisa juga dikerjain pas kita lagi stuck di analisis, hal perintilan kaya gitu bisa jadi hiburan ditengah kebuntunan analisis coz ngerjainnya ga perlu mikir, biasanya cukup liat dari skripsi terdahulu aja.

5. Kalo dah deket deadline manfaatin waktu sebaik mungkin. Siang wawancara, malemnya langsung bikin verbatim, siapin amunisi buat begadang kaya cemilan, kopi, dll.

6. Jangan terlalu serius. Maksudnya adalah serius tapi santai aja. Kalo salah satu target dah tercapai boleh lah memanjakan diri sejenak dengan nge-trip atau cukup beli coklat dan es krim biar pikiran ga terlalu stress.

7. Nikmatin seluruh proses skripsi kita. Ingat!! Skripsi ini cuma sekali seumur hidup. Ngeluh boleh aja sekali2, tapi buat saya pribadi skripsi ini sengsara membawa nikmat lah *istilah yang aneh

8. Terakhir tapi paling penting, terus berdoa agar dimudahkan dan diberi kelancaran. Doping saya selalu ngingetin hal ini ditiap kali bimbingan, katanya pasti ada aja dah jalannya kalo kita berdoa. That’s why I admire her so much ^^,

Apapun hasilnya percaya aja itu yang terbaik, manusia boleh berencana tapi Allah yang punya kuasa. Mengutip perkataan salah seorang teman, yang penting bukan masalah lulus tepat waktu, tapi lulus diwaktu yang tepat…

Oke deh, segitu aja tipsnya, semoga bermanfaat.. terakhir nih, SMANGAT!! Karena smangat lah yang membuat kita pantas disebut anak muda…

sumber gambar: http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://onnayokheng.files.wordpress.com

8 komentar:

vanilaeru mengatakan...

suka nunda nih jri, jeleknya..
and i admire my second doping too,
akhirnya besok mulai sebar surat buat koresponden gara-gara di sekap seharian di prodi, hehhe..

Semoga lulus di waktu yang tepat!
Hwaiting! ala korea. ahha

fajri ajah mengatakan...

kalo deadline lama emang gitu si penyakitnya, gw juga prokras nis, tapi karna bikin deadline sendiri gara2 ada yang dikejar jadi kuat deh melawan godaan prokras :p

btw kayanya lu berusaha keras banget ngeracunin gw korea yak, wkwkwk

vanilaeru mengatakan...

iya kah? gak nyadar, programnya udah otomatis jri..

kalo liat orang yang ada indikasi alergi korea bawaannya pengen diluruskan gitu :P

fajri ajah mengatakan...

'diluruskan'? hahhaha, kocak bahasanya :p

tapi gak bakal mempan kayanya nis, wkwkwk

vanilaeru mengatakan...

walah, gak seru ah..

cari korban lain :pantau:

Anonim mengatakan...

thanks a lot..i like it

Anonim mengatakan...

thx sarannya cz q skrg lg mrskan n dlm suasana skripsi ne,
penyakit yg sering muncul adlh penyakit mls n g semangat, repot bgt buat mengemblikan semangat yg menggebu2, akibatx skripsiq g selesai2. gmna ya crax??????

fajri ajah mengatakan...

@anonim: buat target yg jelas dan konkrit, misal: 2 minggu buat ngerjain 1 bab, kumpulin, bimbingan, revisi dalam 1 minggu, jd total 3 minggu dapet 1 bab.
nah, klo ada target yg jelas gtu biasanya jd semangat. coba deh bikin target per-bab, atau klo perlu per sub-bab..
good luck ya skripsinya, smoga cepet selesai :)