Senin, 05 April 2010

Oleh-oleh dari Lampung

Oke guys,, ini dia field report dari perjalanan saya ke lampung kemaren...

Trip kali ini diikuti oleh 18 orang, dari 18 itu 10 cowok, 8 cewek,, diantara 18 itu yang masih mahasiswa cuma 3, dan yang termuda adalah saya,, hehe. Dari 10 cowok, 8 bawa slr, 1 lomo, dan 1 digicam (saya), keliatan banget siapa yang bener2 mahasiswa kantong tipis,, hehe.

Kamis, 1 April 2010

Berangkat dibonceng kakak naek motor dari rumah jam 17.00 menuju slipi, tempat ketemuan sama antho yang janjiannya jam 19.00 di slipi. Awal perjalanan dirundung masalah berupa bocornya ban belakang di daerah senayan, karena slipi udah gak terlalu jauh dan jalanan macet pula, saya pun jalan kaki dari senayan ke slipi depan rumah sakit harapan kita,, ternyata jauhhhh banget euy,, 30 menit jalan kaki dengan bawaan yang berat plus bawa 3 life vest.

Sampe slipi jam 07.10 lanjut dengan kegiatan tunggu menunggu teman yang lain, alhasil kami pun berangkat tepat jam 20.00 naek bus ke merak dengan ongkos Rp. 17.000. Sampe merak jam 23.00 trus makan pecel dulu Rp. 14.500. Habis makan langsung ke pelabuhan tempat meeting point yang udah direncanakan dari jauh2 hari.

Jam 00.30 kapal berangkat dari merak, kami buka lapak di atas kapal yang tempatnya langsung kena angin malem. Yang cowok2 pada ngobrol tapi saya milih tidur,, hehe, dari merak sampe bakauheni full tidur :)

Jum'at, 2 April 2010

*sunrise di perjalanan menuju pulau Sebesi

Sampe di Bakauheni jam 03.00 langsung nyarter angkot menuju pelabuhan Bom yang akan mengantar kami ke pulau Sebesi. Sampe di Pelabuhan Bom jam 04.30. Di sini ada yang membuat saya terkesan, ternyata anak2 yang ngetrip bareng ini pada mengutamakan shalat subuh, alhasil kami nunggu ampe masuk waktu shalat subuh dan bikin lapak darurat buat shalat, coz gak ada mushola dan wudhunya pake air laut pula.. Anak kaskus baik2 ternyata,, hehe,, mantap gan :)

Selesai shalat, kami langsung naek perahu menuju pulau sebesi, saya naek di atas perahu biar bisa liat langsung langit subuh dan laut yang luas. Ternyata perjalanan lautnya lama juga, jam 07.30 kami baru sampe pulau Sebesi,, banyak yang ketiduran tapi saya masih melek,, sayang kalo tidur coz pemandangannya indah banget, apalagi pas sunrise. Sampe Sebesi kami langsung sarapan dengan view yang luar biasa, di aula yang depannya laut lepas warna biru,, Subhanallah indah banget lah..

*pemandangan saat makan siang

Selesai makan kami langsung lanjut hoping island buat snorkling,, kalo saya sih cuma bisa ngeliatin aja coz gak nyewa alat2 snorkling,, kemahalan euy... Tapi bermodalkan keberanian dan kenekatan akhirnya saya berenang juga di tengah laut meski gak snorkling, pake life vest tentunya,, hehe.. Selesai snorkling jam 10.30 langung balik ke pulau Sebesi buat shalat jum'at, di khotbah jum'at kali ini saya ketiduran full gara2 kecapekan, huhuhu, jangan ditiru nih...

Setelah shalat jum'at kami makan siang dan langsung bersiap ke krakatau. Naek perahu ke krakatau ternyata menghabiskan waktu 2 jam. Dari pagi ombak gak terlalu besar, tapi pas ke krakatau beda banget, seakan gak mau dikunjungi ombak melawan kami dengan gelombang2nya yang makin besar, bahkan ujan pula, jadilah kami semua yang tadinya di atas perahu langsung masuk ke dalem perahu dan berdo'a masing2 demi keselamatan.

Sampe di krakatau kami pun langsung terpesona oleh keindahannya, pasir di pantainya hitam, dan sekujur tubuh gunung itu materialnya adalah pasir hitam,, sungguh keren banget. Kami pun langsung trekking ke puncak gunung dan sesampainya di puncak., Subhanallah,,, pemandangannya indah banget, terindah yang pernah saya lihat secara langsung. Kami ada di tempat tinggi yang pemandangan sekitarnya adalah laut bebas plus gugusan pulau yang cantik2, tanpa terhalang pohon2an sama sekali kami bisa puas melihat pemandangan sekitar yang luar biasa indah, dan saya juga liat pelangi lho,, oiya angin di sini kuenceng banget,, seru nih buat bikin video klip,, hehe.

*pemandangan dari atas krakatau

Puas menikmati keindahan krakatau dan bernarsis ria, kami pun kembali ke kapal. Tak lupa shalat, kami pun lagi2 bikin lapak darurat di atas kapal dan wudhu dari air laut lagi,, tetep donk harus bersyukur di tengah nikmat yang begitu besar yang Allah berikan buat kami, oiya karena kesorean di sini kita gak jadi snorkling,, huhu

Sampe ke pulau sebesi lagi jam 19.00, suasana di perahu mencekam banget, ombak gede angin kenceng dan gak ada penerangan selain bintang2 yang banyak banget,, Subahanallah, kalimat puji2an untuk Allah gak berenti diucapkan karena pemandangan yang indah sekaligus mencekam ini. Akhirnya niatan untuk liat jutaan bintang tanpa terhalang apapun tercapai juga, Alhamdulilah...

Sesampainya di Sebesi kami langsung mandi dan makan malem pake cumi, menunya selama kami di sebesi ikan terus, ampe mabok ikan,, hehe. Makanya saya beli indomie rebus biar menetralisir rasa ikan,. Selesai makan kami pun langsung pada maen kartu, ternyata selain bola yang bisa menyatukan orang2 yang baru kenal adalah kartu rupanya,, hehe. Untung saya bisa maen uno, jadi gak diem aja deh kaya kambing congek, dan kami pun menggila di permainan uno :)

Sabtu, 3 April 2010

*pantai teluk kiluan

Paginya, kami packing dan bersiap ke destinasi selanjutnya yaitu teluk kiluan. Niat hati pengen pergi jam 06.00 pagi dari pulau sebesi, apa daya pagi itu hujan dan berkabut, alhasil pelayaran ditunda dan baru berlayar jam 08.30. Di perahu saya pun tidur coz perjalanan dari sebesi-pelabuhan bom menghabiskan waktu 2 jam, dan kami sampe di pelabuhan 10.30. Tanpa nunggu lama2 kami langsung naek kendaraan umum menuju bandar lampung, ke tempat travel yang akan mengantar kami ke teluk kiluan. Sampe di Bandar Lampung jam 12.45.

Perjalanan ke teluk kiluan disuguhi oleh pemandangan yang indah banget, kanannya gunung sedangkan kirinya laut, Subhanallah, Allah Maha Sempurna... Ternyata perjalanan ke Kiluan butuh kesabaran coz selain lama, jalanannya juga banyak yang rusak, saya yang niatnya mau tidur pun gak bisa, dan lagi ternyata di jalan menuju kiluan baru aja ada longsor, mobil pun gak bisa lewat. Kami pun gak patah arang dan berjalan selama 1 jam menuju teluk kiluan dengan bawaan segambreng. Setelah menempuh perjalanan menantang tersebut sampe juga kami di pulau kecil di tengah2 teluk kiluan yang didalamnya hanya ada 1 penginapan yang bisa nampung 30 orang. Kami sampe jam 18.30 saat langit sore berada di puncak keindahannya,, Subhanallah,, lagi dan lagi terus terlontar kalimat pujian hanya untuk Allah...

*sunset di perjalanan menuju teluk kiluan

Nyampe Kiluan langsung makan, pada lahap banget makannya termasuk saya, wong siangnya kami gak sempet makan gimana gak kalap gini,, hehe. Menunya?? sama kaya di sebesi,, ikan. Tapi kali ini ikan bumbu, jadi terasa lebih enak,, atau mungkin itu efek kelaperan ya,, heehe.
Pantai di pulau ini bagus banget, pas kami dateng airnya lagi surut, banyak kerang warna/i di sini, airnya kombinasi biru dan ijo toska, pantai terindah yang pernah saya datangi :D. Malemnya kami ke pantai mendengar deburan ombak, abis itu ke penginapan dan maen uno lagi ama tepok nyamuk.

Minggu, 4 April 2010

Jam 05.00 udah pada bangun dan shalat dan bersiap hunting lumba2 di laut lepas dengan menggunakan jukung yang hanya bisa diisi sama 4 orang, perahunya kecil banget dan awal2 perjalanan ngeri banget coz ombaknya lumayan besar. Oiya, Alhamdulilah banget lho, pas kami dateng ke sini cuaca ceraaahh banget, padahal hari sebelomnya ada badai,, Allah Maha Baik...

*jukung yang beruntung

Hunting lumba2 selese jam 09.15, yang ada di jukung bersama saya adalah mba ami sama ika. Ternyata jukung yang kami tumpangi yang paling banyak liat lumba2, tapi sayangnya gak ada 1 pun dari kami yang bawa kamera, sedangkan jukung lain yang bawa slr, malah ada yang gak kedapetan lumba2 sama sekali. Ada juga yang liat ikan terbang, tapi saya gak liat sama sekali, saya liat ikan terbang pas di sebesi, banyak pula ikan terbangnya,, manteeeppp..

*ikan terbang

Sampe di pantai kami langsung berenang dan snorkling, kalo waktu di sebesi saya gak snorkling, di sini saya bisa snorkling hanya bermodalkan google pinjeman dan life vest milik sendiri, dan saya pun bisa melihat keindahan taman bawah laut yang membuat hati ini lagi2 terkagum2 oleh keMaha Sempurna-an Allah, terima kasih ya Allah liburan kali ini lengkap banget. Oiya, pas snorkling google yang saya pake hampir ilang, kelepas waktu saya atraksi loncat, untung aja ketemu tuh google, kalo kagak mesti gantiin 150 ribu,, hohooho

*atraksi loncat

Setelah foto keluarga di bibir pantai yang indah itu pun,, kami angkat kaki dari kiluan jam 13.45, Alhamdulilah jalanan yang longsor udah bisa dilalui mobil jadi kami gak perlu jalan 1 jam lagi deh :D
Makan siangnya kami berenti di tukang mie ayam bakso pinggir jalan, trus ke bandar lampung buat beli oleh-oleh.. Selanjutnya dari bandar lampung perjalanan menyiksa dimulai coz saya harus berdiri selama 3 jam di bus yang jalannya lelet banget ples orang di belakang saya yang super rese dorong2 kaki saya,, huhuhu,, pegell. Kami sampe di pelabuhan bakauheni jam 22.30 dan langsung naek kapal ferry kelas bisnis,, akhirnya nemu bangku nyaman,, dan saya pun langsung tidur.

Senin, 5 April 2010

Ternyata ni kapal ferry lelet banget, kami baru sampe pelabuhan Merak jam 02.15. Setelah ngumpul di pelabuhan buat ngitung duit sisa dan ngomongin rencana kopdar (ples poto2 narsis), kami pun berpisah jalan dengan teman2 yang lain, saya naek bus ke arah kampung rambutan jam 02.45 dan turun di pancoran jam 05.30.

Pagi itu saya ada kuliah dan ada tugas pula bikin laporan perkuliahan, niatan cabut terpaksa dihapus. Ingin balik ke rumah tapi gak bakal sempet, saya pun langsung ke kosan benjo dan sampe di sana jam 06.30. Langsung tidur2an sambil fesbukan lewat hape, trus mandi dan jam 07.30 kami berangkat ke kampus. Rasanya ngantuk banget dan capek, tapi pas liat poto2 di hp jadi seneng dan ilang capeknya.

Perjalanan kali ini seru banget, bersama orang2 yang baru dikenal ketempat yang bener2 baru dan indah banget, hikmah2 dari perjalanan ini banyak banget,, semoga perjalanan ini bermanfaat buat saya dan orang lain. Ini ada rincian biaya yang dikeluarin selama di lampung: