Jumat, 01 Juni 2012

Unik

















Di postingan kali ini saya mau sedikit cerita tentang kantor saya. Sudah 3 (tiga) bulan saya kerja di suatu kantor konsultan pajak di daerah Mega Kuningan. Uniknya, baru hari Senin kemarin tanggal 28 Mei saya bisa liat wujud boss saya. Kesempatan melihat boss di kantor ini memang langka, bahkan senior yang sudah kerja 3 tahun saja, baru 2x melihat wujud si boss, yaitu saat halal bihalal ba'da Idul Fitri. Uniknya, kami berada di satu kantor yang sama, tiap hari si boss selalu dateng ke kantor, dan kantor kami pun tidak sebesar kantor konsultan lainnya.

Ruangan boss saya ada di lantai 5, sedangkan kami para tax staff ada di lantai 3. Waktu pertama kali saya ke lantai 5 saya terkejut, beda sekali dengan lantai 3. Dekorasinya mewah, ada lukisan, patung kayu Garuda Kencana (oke, ini mah di setiap lantai ada), sofa besar, pot bunga besar, meja kaca, ruangan2 kecil yang dindingnya dari kaca, dan karpet mewah tebal sebagai penutup lantai ditengahnya. Sangat jomplang kalau dibandingkan dengan lantai 3.

Keunikan boss saya adalah ia tidak pernah tersenyum *ini gak unik, jrun!*. Sepanjang acara perayaan ulang tahunnya kemarin pun beliau tidak sedetikpun mengeluarkan senyum. Kemarin beliau genap berusia 83 tahun. Saya pernah diceritakan kalau beliau bisa bahasa Belanda, oke saya pun niat ngasih ucapan selamat pake bahasa Belanda *biar lebih akrab*. Dari rumah saya udah latihan tuh buat bilang gefeliciteerd met u verjaardag, tapi waktu ada didepannya saya takut donk, hahaha #failed. Auranya itu memang menyeramkan sekali *oke, ini jahat*, but true, akhirnya saya ngasih ucapan selamat biasa aja karna takut.

However, dibalik banyaknya kontroversi beliau saya tetap kagum dan angkat topi buat beliau. Pada tahun 1967, beliau adalah orang pertama yang dipercaya Menteri Keuangan RI untuk menggandeng konsultan asing sebagai afiliasi dari kantor akuntan publik yang dimilikinya. Jadi bisa dibilang bahwa kantor saya ini adalah bapaknya kantor akuntan publik di Indonesia. Saat itu, ratusan perusahaan asing yang bergerak di bidang tambang dan perminyakan diaudit oleh perusahaan saya, termasuk mengurus kewajiban perpajakannya. Beliau juga bisa dibilang konsultan pribadi keluarga cendana. *makanya tajir giela*

Setelah 45 tahun berlalu, kantor ini tentu tidak sejaya dulu, kehidupan bagaikan roda :). Sebenernya, bisa dibilang kalo boss saya ini udah gak butuh uang, beliau kerja di kantor ini buat main2 saja menghilangkan waktu senggang, toh kekayaannya pun gak akan habis 7 keturunan *kasian yang keturunan kedelapan*. Jadi, dengan kata lain nh kantor cuma buat ngempanin kami para pegawainya ples asisten2 pribadinya yang jumlahnya bisa sampe 20 orang, luar binasa bukan. Ada yang lebih unik mengenai keuangan kantor ini, tapi gak etis lah kalau saya post di sini :)

Satu hal lagi yang unik, baru di sini lah saya ngerasa pengalaman mistis yang paling nyata. Ceritanya gini, saya dan temen saya, sebut saja Haris *emang nama sebenernya*, lagi asik cerita2 di lobi lantai 3. Di tempat ini, orang2 yang keluar masuk ruangan kerja pasti bakal terlihat sama kami. Tokoh utama lainnya di cerita ini adalah supervisor saya, mba Octo namanya. Beliau orangnya heboh, selalu ceria dan ibarat batre, Alkaline punya lah *sebut merk*, ga pernah keabisan energi, kalo jalan cepet banget dan bunyi sendalnya heboh.

Ba'da Maghrib mba octo baru balik dari Ambassador, saya dan Haris yang lagi asik cerita di lobi pun nyapa mba octo dengan belanjaannya yang banyak. Dia pun masuk ke ruang kerja. Gak lama kemudian dia keluar dan nanya, berikut dialognya antara mba octo (OS), haris (HR), dan saya (FN)

OS: kalian berdua dari tadi di sini aja? ada yang lembur lagi gak?
FN: iya mba cuma berdua aja, ga ada yang lembur lagi, emang knapa?
OS: nggak, tadi kok waktu di dalem gua ngerasa ada yang lewat di belakang gua, gua pikir itu kalian.
HR: ah itu perasaan lu aja kali mba, paling itu efek dari lampu mobil.
OS: oiya kali ya, yaudah deh. *sambil jalan keluar menuju lift dan turun ke lantai bawah"

Saya sama si Haris masih asik cerita di lobi itu. Gak lama suara lift pun bunyi, trus saya bilang, "mba octo kali tuh". Nahh, sambil kami terus cerita mba octo gak kunjung muncul dari lift dan ngelewatin kami. Sampai kemudian tiba2 ada suara heboh2 di dalem, dan ternyata itu suara mba octo donk. Degggg, saya dan haris liat2an, senyum kebingungan, dan saling nanya, "lahh, itu si mba octo kapan masuknya?"

Gak lama kemudian, mba octo keluar dari ruang kerja, langsung aja kami tanya,
FN: mba, lu kapan masuknya? lewat mana? kok kami gak liat lu masuk tadi?".
OS: ahhh,, nggak, orang dari tadi gua di dalem gak keluar2" *hahaha boong deng, itu mah yang ada di bayangan saya :D*
Mba octo pun jawab,
OS: tadi gua masuk ngeliat kalian masih asik ngobrol kok, tapi emang gak gua sapa sih.
HR: lah tapi kan kalo lu masuk pasti kami liat lah, orang dari tadi kami di sini.

Secara kebiasaan jalan mba octo yang heboh itu pun, ga mungkin rasanya kami gak sadar doi masuk ke ruang kerja. Jadi intinya emang malem itu kayanya kami lagi dikerjain sama penghuni tuh kantor. Dan ternyata kejadian ini kedua kalinya terjadi. Dulu senior saya yang ngalamin kejadian serupa. Bedanya dia ngeliat temennya keluar berdua, tapi setelah dikonfirmasi si temennya itu cuma keluar sendiri, bukan berdua. Posisi duduk senior gua dan setingan kejadian pun sama, lagi asik ngobrol berdua di lobi, dan sore2 pulak. Jadi yang diliat itu siapaaaa??

Oke dah, mungkin emang ada yang gak beres, temen saya si curiga sama patung kayu Garuda Kencana yang ada di tiap lantai kantor ini. Saya suka si sama patungnya, berseni banget, tapi emang rada serem si kalo malem.

Yo wes lah itu saja cerita terbarunya. Prettig weekend allemaal ^^,

pict source: http://uniqueproductfinds.com/

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Haaa Fajri... "kasus" seperti itu di kantorku juga adaaah...
sampai ada boss saya yang gak berani sendirian di dalam ruangan.... walau siang terang benderang... padahal kan kalau "dracula" takut Matahari ya.... weeks

Fajrie mengatakan...

anonim: mending lah kalo dracula draculi kan sedep dipandang, gak mengerikan kaya tante kunti, om poci, dan setan indonesia lainnya :horor:

Muhamad Fajar mengatakan...

Kena genjutsu kali jri, orang lewat gak keliatan. :D

Fajrie mengatakan...

nah kalo senior gua yang ngeliat temennya berdua padahal cuma sendiri kena genjutsu juga? ckckck, laen kali gua kagebunshin dah buat nakutin balik tuh makhluk :D

Ecky Agassi mengatakan...

wooow ngeri juga yak, haha :D

kena setan budeg mungkin jri :P

Anonim mengatakan...

Nggosip aja masbro :P

#kabur

Anonim mengatakan...

salam buat mbak octo. baca nama dan deskripsinya, gue lgsg teringat mbak octa, orang rektorat. udah namanya mirip, ciri-cirinya juga lagi.

mungkin itu patungnya bisa dijilbabin ato dikasih peci ato dikalungin tasbih utk mengurangi kesan seremnya *malahmakinseremyak*

K. mengatakan...

kenalan kali tuh jri ama lo. haha

Fajrie mengatakan...

@eq: lah kalo setan budeg mah kagak ngedenger, ini gua kagak liat pan, setan buta kali yak *kalo ada* :D

@anis: sekali2 nis, biar ga kaku nih blog kaya kanebo baru diperes

dhay: pengen gua kasih bulu2 sih tadinya *kalem*

@kinoy-lempeng: ga asik deh kenalannya, harusnya kan nunjukin sosoknya sekalian #nantangin