Selasa, 30 November 2010

Harapan itu masih ada

-ketika semua lilin telah padam, akan selalu ada 1 lilin yang terus menyala dan takkan pernah padam, lilin itu bernama "harapan"-

Pertama kali saya denger itu waktu SMA dari salah seorang senior yang saya lupa siapa orangnya, tapi kata2 itu ntah kenapa selalu berputar di kepala, mungkin karna kesannya singkat dan dalam kali ya..

Harapan,, sesuatu yang bikin kita hidup menurut saya. Dalam keadaan sesulit apapun kalau kita masih cukup berani untuk berharap saya rasa kita bisa terus menjalani hidup dengan baik. Kali ini saya mau cerita tentang perjuangan saya buat dapet beasiswa student exchange ke amerika. Tahun lalu saya dapet info ini dari kakak kelas saya di smansa yang sudah lebih dulu dapet beasiswa ini. Saya inget banget waktu itu dikasih tau beliau pas lagi acara ifthor mpk/osis di saungnya Adit.

Setelah dapet informasi yang cukup mulailah saya nyiapin segala sesuatunya buat apply beasiswa itu. Singkat cerita saya gagal di tahap pertama yaitu seleksi berkas. Padahal waktu itu udah berharap tinggi banget, dan kegagalan waktu itu ngebuat saya kecewa berat. Sangat kecewa...

Setahun berlalu gak jarang saya browsing buat nyari info kali aja beasiswa IELSP ini buka lagi. Setelah penantian yang panjang akhirnya saya dapet info kalo beasiswa ini dibuka lagi. Kali ini saya dapet info dari wendah, temen sekelas saya. Saya pun mulai nyiapin lagi semuanya. Kali ini saya berusaha lebih keras dengan mengunjungi langsung orang yang udah menerima beasiswa ini untuk minta tips dan triknya. Saya belain jauh2 ke salemba buat minta bantuan bikin personal statement yang baik.

Kadek, orang yang ngebantu saya ini ngasih wejangan ke saya pas saya mau pulang. We are just a planner, and He is a decision maker. Let Him to choose, and just wish that you are the chosen one. Sebenernya udah sering banget ngdenger yang kaya gini, tapi seakan di sentil, kali ini saya berusaha buat lebih ikhlas apapun keputusannya nanti.

Seleksi pertama saya lolos. Saya masih inget banget waktu itu hari selasa, saya abis pulang berenang dan lagi makan sop buah, jam 11 saya ditelpon dari IIEF dan katanya saya lolos seleksi berkas. Langsung dah tuh sujud syukur. Walau saya tau ini belom selesai karena masih ada seleksi wawancara yang lebih ketat, tapi kita harus tetep bersyukur kan supaya nikmatnya ditambah?

Selanjutnya saya nyiapin buat wawancara 3 hari mendatang. Kali ini saya ke salemba lagi buat simulasi sama bli Kadek. Ternyata saya belom bisa menghilangkan kegugupan saya. Yap, fakta yang mengerikan bahwa saya ini orangnya sangat nervous. Dan kalo udah grogi biasanya kelenjar air mata saya bekerja lebih jadi ngebuat mata saya berkaca2 membuat kesan kaya mau nangis, dan bibir saya seringkali gemetar tiap saya sedang grogi. Fakta2 itu sangat mengerikan, mengganggu dan membuat malu saya. Beneran deh, saya bakal bayar berapapun buat orang yang bisa ngilangin penyakit ini.
*lebay

Setelah merasa cukup latihan, saya pergi ke tempat wawancara dengan kepercayaan diri yang cukup menurut saya. Saya dapet giliran keempat yang diwawancara (padahal kalo saya giliran ketiga mungkin hasilnya akan lain, hahha). Waktu orang ketiga masuk perasaan saya mulai gak kekontrol, keringet dingin, ngomong udah gak jelas, gak konsen. Giliran saya pun tiba, awalnya saya merasa bisa mengendalikan diri tapi kok lama2 saya kehilangan kontrol. Saya mulai gak nangkep apa maksud si interviewer, dua kali saya minta ulang pertanyaan. Padahal sebelum wawancara saya udah makan coklat cadburry yang menurut temen saya bisa menurunkan tingkat stress seseorang dan konon katanya coklat bisa membuat sebagian besar orang bahagia. Ok, mungkin saya termasuk yang sebagian kecil kali ya..

Sebenernya udah banyak pertanda yang Allah kasih ke saya kalo saya gak bakal lolos di sesi ini. Waktu shalat Ashar sepulang dari sesi wawancara, tetangga saya yang biasa saya sapa "kakek" tiba2 nyamperin saya yang lagi khusyuk berdoa. Saya pun mengakhiri doa saya dan beliau tumben2an ngajak ngobrol saya. Inti dari perbincangan itu adalah janganlah kita terlalu mengejar hal duniawi. Kita hidup gak cuma di dunia. Ada kehidupan yang lebih indah, dan abadi, buat kita. Dunia ini kan cobaan buat orang2 yang beriman. Bagi orang2 kafir surganya ya di dunia ini, tapi bagi orang beriman surganya ya di akhirat nanti. Beliau juga ngingetin tentang pentingnya shalat berjamaah. Saya bener2 mau nangis waktu itu, saya langsung mikir Allah bener2 baik sama saya. Allah langsung mengingatkan saya yang waktu itu sangat berharap bisa dapet beasiswa ini, bahkan mungkin bisa dikatakan saya terlalu ambisius. Saya pun gak lupa ngucapin terima kasih sama kakek atas nasehatnya yang luar biasa.

Bagi yang mendapat beasiswa ini akan ditelpon langsung dari IIEF pada minggu kedua setelah wawancara, bagi yang belum beruntung tidak ada pemberitahuan. Pas shalat jumat di minggu kedua ini, lagi2 Allah mengingatkan saya. Kali ini melalui khutbah jumat yang intinya; dunia ini cuma panggung sandiwara (kaya lagu nike ardila,, hhaaha). Masing2 dari kita udah dapet peran, dan kita harus memainkan peran tersebut dengan baik. Sang Sutradara sudah memberikan kita arahan2 yang mutlak yang gak boleh dilanggar (Al Qur'an dan Al Hadits), dan tugas kita adalah menjadi pemain yang profesional kalo mau sukses (masuk surga). Sang sutradara juga udah ngebuat skenario2 (jalan hidup) untuk kita. Kita gak bisa tuh nolak skenario yang udah dibuat Sutradara. Yang bisa kita lakukan hanya memainkan skenario itu, titik. Lagi2 saya yakin ini pasti bentuk sayang Allah sama saya supaya saya bisa ngejalanin skenario apapun nanti dengan ikhlas.

Akhirnya saya tau kalo saya gak lolos di sesi wawancara ini pas hari sabtunya. Kecewa? Sedih? Ya, saya pasti ngerasain hal itu. Tapi saya tetap bangga karena saya udah ngelakuin yang terbaik dan saya beryukur karena Allah mengabulkan doa saya. Allah udah ngasih yang terbaik buat saya. Saya yakin memang inilah keputusan yang terbaik. Mungkin kalo saya dapet beasiswa ini sekarang saya malah makin jauh dengan Allah, tentu saya gak mau sampe hal itu terjadi. Kegagalan kali ini terasa jauh lebih mudah bagi saya. Banyak juga temen2 yang ngedukung dengan kasih kata2 motivasi (thanx a lot guys).

Seperti awal tulisan ini ketika semua lilin telah padam masih ada satu lilin yang terus menyala, harapan. IELSP buka lagi, dateline 10 januari 2011,, wish me luck ya ^^,

-diposkan oleh Fajrie Nuary yang tak mau menyerah karena motonya "Jangan Menyerah Sebelum Mencoba"-

4 komentar:

Anonim mengatakan...

kenapa sich setiap mampir ke blog lo gw selalu melihat waktu zimbabwe y?

Fajrie mengatakan...

kangen kampung halaman lu shley :D

The Living Under Sky mengatakan...

wew, jri.. gw juga dulu pernah ikutan kayak gitu waktu SMA, tapi biayanya gede.. :( cuman beasiswa biaya kuliah doang, selebihnya masih bayar pake duit sendiri.

Fajrie mengatakan...

kalo beasiswa ini beda bay
full dibiayain, makanya nih beasiswa banyak banget yang ngincer...