Kamis, 09 Juni 2011

The Power of Mind

Sugesti Diri atau Swa Sugesti adalah sebuah cara untuk memasukkan harapan dan keinginan kita ke dalam pikiran bawah sadar yang dilakukan secara berulang kali, dengan bahasa present dan simple disertai dengan memvisualisasikannya secara detail.
-Purnomo Hadi-

Judul postingannya kok rasanya berat bener ye, padahal di sini saya bukan mau membahas sebuah kesuksesan besar karena keyakinan seseorang untuk berhasil. Saya cuma mau sharing pengalaman pribadi yang sepele, kecil lah, tapi menurut saya cukup bagus untuk dibagi lah, semoga aja bener :D

Akhir2 ini saya lagi belajar hal2 baru yang belom pernah saya pelajari sebelumnya. Saya mulai belajar ngendarain mobil, belajar maen esketing secara benar, dan belajar berkuda. Nah, yang menarik bagi saya adalah bisa dibilang saya melakukan ketiga hal tersebut dengan baik di hari pertama saya mencoba. Hari pertama belajar mobil saya sukses ngendarain mobil tanpa kesulitan berarti, mesinnya gak mati, jalannya juga gak ndet2an, hehe. Sebelumnya saya emang melakukan beberapa pengamatan waktu naek angkot. Saya selalu milih duduk di depan supaya bisa ngeliat supir ngendarain mobilnya. Saya liatin kakinya, tangannya, gerak2iknya, rambutnya, kumisnya, oh nggak, yang kedua terakhir cuma becanda :p

Selanjutnya waktu belajar esketing (males nulis ice skating secara benar, haha). Ini bener2 pertama kali buat saya maen esketing, saya juga belom pernah maen rollerblade sebelumnya, sepatu roda pun saya gak bisa, jadi bener2 ga ada pengalaman. Waktu awal2 nyoba tentu saya jatoh, tapi lama kelamaan, lagi2 hanya berbekal pengamatan di sekitar, akhirnya saya sukses meluncur dan bahkan bisa muter2 sambil ngangkat orang, oke, lagi2 statement terakhir cuma imajinasi saya :p

*pertama kali sketingan, bersama yogi si pencipta 'zombi style' :p



















Terakhir, belajar berkuda. Nah, yang ketiga ini lebih sulit dari dua hal di atas. Sedikitnya objek yang bisa diamati ngebuat saya mengalami sedikit kesulitan. Saya baru sadar kalo ternyata berkuda, seperti halnya esketing, adalah cabang dari olahraga. Kerasa banget waktu maen esketing, dan berkuda kemaren, tanpa pemanasan, hasilnya adalah pegel2 keesokannya. Pegel2 karena berkuda lebih parah dibanding esketing, mulai dari perut, pinggang, pangkal paha, betis, punggung juga pada pegel semua, coz kita harus bener2 tegak waktu di atas kuda. Pelatihnya bilang saya termasuk cepet nih belajarnya, ada teknik yang harusnya baru dipelajari di pertemuan ketiga, tapi udah bisa dipelajari di pertemuan pertama kemaren. Rasanya pengen bilang ke pelatihnya kalo saya emang dilahirin untuk jadi joki hebat suatu saat nanti, tapi takutnya doi malah bilang "bukan joki kuda kali ya, tapi joki 3 in 1", makanya saya diem2 aja dah cuma bisa cengir2 kuda waktu dipuji gitu :D

*bersama erlangga (nama si kuda), yang jauh lebih baik dari si bejo (nama kuda juga)














Nah, ketiga hal tersebut saya ceritain bukan buat sombong lho, sungguh. Poinnya adalah saya bisa melakukan hal tersebut dengan baik karena saya mensugestikan diri saya bahwa saya bisa melakukan hal tersebut meski hal itu pertama buat saya. Bener banget statement Purnomo Hadi di atas mengenai sugesti diri. Waktu belajar mobil, saya berkali2 memvisualisasikan saat saya sedang mengendarai mobil, seolah saya pernah melakukannya dan bahkan sudah terbiasa, saya juga memunculkan gambaran gerakan2 abang supir angkot waktu ngendarain mobilnya. Gitu juga waktu belajar esketing, saya membayangkan tayangan2 olahraga esketing yang pernah saya liat, saya ngebayangin kalo saya lagi jalan di atas tanah bukan di atas es, dan tak lupa memunculkan gerakan2 dari orang sekitar yang sudah saya amati, akhirnya saya pun bisa meluncur di permukaan es. Waktu belajar kuda pun gitu, saya mensugestikan diri saya kalo saya bisa ngendarain kuda, meski sulit karena kurang pengamatan toh akhirnya saya bisa juga.

Nah, di sini tuh saya mau berbagi pengalaman tentang kekuatan dari sugesti diri. Nah sugesti diri itu kan yang 'merintah' adalah pikiran kita, makanya judul postingannya demikian, hehe. Mungkin dah banyak banget ya yang baca mengenai kekuatan pikiran, ada juga yang nyebutnya "law of attraction" atau hukum tarik menarik, teori mestakung (semesta mendukung), dll, intinya sih dengan terus berpikir positif, berpikir bahwa kita bisa melakukan sesuatu, maka dengan sendirinya pikiran kita akan menjadi keyakinan dan keyakinan lambat laun berubah jadi kenyataan. So, mulai sekarang terus berpikir positif aja guys, bagi yang ingin mencoba hal baru tapi ragu dan sering muncul pertanyaan 'can I make it?', buang rasa ragu tersebut. Sugestikan diri kalau kita bisa melakukannya, maka pasti kita bisa melakukannya. SMANGAT :D

Btw, berhubung saya masih ingin mencoba hal baru mungkin ada yang bisa ngasih ide hal baru apa (yang positif tentunya) yang sebaiknya saya coba dalam waktu dekat. Akhir2 ini saya pengen banget ikut beladiri deh, kmaren pengen ikut thifan (beladiri muslim di UI) tapi ga ada temen, pengen ikut capoera tapi jauh di ipb lagian takut pada encok nih badan, tapi sungguh pengen nyoba deh ikut beladiri, ayo yang punya keinginan sama kaya saya kita belajar bareng2 yuk, sambil mengasah kekuatan pikiran kita :)

9 komentar:

nela mengatakan...

olahraga emang aditif bangeeeeeettt jruuuunnn.. ^^
berkuda, esketing, beladiri (aikido, thifan), renang, snorkel, ngebut, semua aditif!!hihi

gw lagi pengen banget naek sepedah nih.. :D

Anonim mengatakan...

eh sarimande, lo tuh sama kaya asrini emg punya kemampuan kinestetik yg oke, jadi bwt mempelajari olahraga2 baru relatif mudah..
cekidot: http://en.wikipedia.org/wiki/Theory_of_multiple_intelligences

kalo lo mw membuktikan teori sugesti lo itu, menurut gw lo harus nyoba kegiatan2 yg membutuhkan kemampuan selain kemampuan kinestetik. misal: menelusuri gang2 di jakarta (kemampuan spasial/keruangan), main alat musik baru (kemampuan musikal), dll.
si wati oke tuh kemampuan spasial-nya, lebih oke dari gw padahal gw arsitek. :(

tentang mobil, kalo masih di jalan kosong sih emg gampang. lo harus secepatnya masuk ke tahap bermacet-macet-ria-di-tanjakan. kalo lo ga keringet dingin, gw kasi standing ovation dh.

Fajrie mengatakan...

@nela: iya, parah, bener banget!! snorkel tuh adiktif tingkat dewa banget nel, sama2 tau lah kita :D
tapi kalo ngebut no thanx ah :p
sepedaan di ui yok nel, nanti sepedanya minjem pake ktm gw.. tinggal nyari hari aja nih, hehe

@yogi: wah, gw dapet nickname baru *dance
kalo kemampuan spasial gw dibawah standar gie, dibanding lu apalagi wati gw mah jauh dibawah kayanya :p
ngomong kemampuan musikal gw jadi kepikiran, dulu kan gw sempet ngebet banget pengen belajar biola, tapi ga ada 'master'nya nih, huhu
masalah mobil gw juga tertantang di medan yang lebih keras, tapi nanti gw coba kalo dah kelar skripsi aja ah, and i believe i'll make it *nyibak rambut :p

Anonim mengatakan...

wah.. anis udah bayangin kalo ngendarain mobil kaya adegan2 film aksi gitu tapi kok tetap aja nabrak pagar, akhirnya cukup puas turun pangkat nyuci mobil sama bongkar-pasang ban (kata buya sih biar jiwanya nyatu dulu sama si mobil), gak ngerti deh kalo metode ini termasuk the power of apa?

Fajrie mengatakan...

lagian berlebihan si lu nis imajinasinya, bahagia aja ga boleh berlebihan kan :)
*teringat postingan anis, hehe

the power of heart mungkin.. (ngasal tingkat dewa) hahah

gw baru inget salah satu episode spongebob ada tentang kekuatan pikiran lho, waktu episode vending machine dan dia ngebayangin jadi vending machine #random

Anonim mengatakan...

kalo gue, potensialnya di kemampuan apa, ya? *iris iris tangan,siapa tau jago di kemampuan debus*

Fajrie mengatakan...

kayanya linguistik lu bagus deh yong, kemampuan berbahasa lu oke tau :)
kalo debus mah si mbah gigi noh, haxhax

The Living Under Sky mengatakan...

ciee, fajri dipuji sama pawang kuda.. kesemsem deh lo. :D

btw, pengen banget nyobain snorkeling-an. >,<

Fajrie mengatakan...

hati2 ketagihan bay,, makanya buruan kelarin skripsi, kerja, traveling dah :p