Sabtu, 09 Juli 2011

Gembira Di Biru Bira

Jika tua nanti kita kan hidup masing-masing, ingat lah hari ini.. –Project Pop-

Lirik lagu yang sangat pas bagi saya buat mengawali catper gathering mpos di Bira, tanggal 26-27 Juni lalu. Hari yang pastinya akan selalu saya ingat sampai tua nanti. Okeh, tak usah berlama2, langsung simak catper ke Bira kemarin yaa, selamat menikmati ^^,

Perjalanan ke Bira diawali dengan mabit di Masjid Baitul Kamal pada sabtu malam, bukan karena kami mau muhasabah atau tahajud berjamaah, tapi mabit di sini supaya paginya kami gak telat sampe di muara angke, coz harus sampe di angke jam 6 pagi. Mabit sebelum ngetrip? Cuma ada di gathering MPOS :D

*tuh orang dua disebelah kiri sibuk sms-an aje -__-'

Pagi jam 3.30 kami melaju dari Depok ke muara angke pake angkot carteran, biayanya Rp. 140.000. Di SPBU daerah permata hijau kami berhenti sejenak untuk menunaikan shalat Subuh. Nih foto2 setelah shalat, masih pada lecek mukanya, hehe

Selese shalat kami langsung lanjutin perjalanan ke angke. Sampe di angke jam 6 kurang sekian. Waktu itu kami masih nunggu 2 teman kami yang bakal hadir langsung dari Jogja, kami menyebutnya duet bahlul :D. Sebutan yang gak berlebihan coz banyak banget kebahlulan yang mereka cip
takan, mulai dari terlambat naek bus, salah naek bus, ketinggalan kapal, dll. Jam 7.00 kapal ke pulau kelapa dah mau berangkat, sedangkan 2 teman kami belum muncul. Sambil terus sms-an sama mereka akhirnya kami putuskan untuk pergi duluan dan mereka bakal nyusul naek kapal berikutnya ke pulau pramuka.

*ekspresi kesel, kasian, kocak, nunggu kedatangan duet bahlul :D

Di perjalanan ke pulau kelapa ada kejadian seru, 4 orang dari kami muntah dengan indahnya di atas kapal, pake plastik sih. Beberapa bahkan muntahnya dengan suara yang sangat menarik, kalo kata temen sih kaya keran air yang baru aja dibuka, atau kaya layangan yang lagi ditarik -___-‘’, suara muntahnya ngebuat satu kapal heboh dan kami pun jadi pusat perhatian. Saya sempet ngerasa salah nih ngajak temen2 ke sini, terlalu extreme kayanya, pada mabok gini, hehe.

*para korban mabok janda, eh mabok laut

Sampe di pulau kelapa wajah temen2 perlahan mulai cerah lagi, dari sini kami langsung diantar ke pulau bira. Di bira kami istirahat sejenak setelah 4 jam perjalanan laut yang cukup melelahkan. Cukup istirahat kami pun langsung makan siang, dengan lauk ikan, sambal, sayur, dan tak lupa buah pencuci mulut, kami pun langsung nyantap tuh makanan dengan ganasnya. Saya selalu suka sama makanan di pulau bira ini, enak banget rasanya, pas sama lidah saya :D

*baru sampe pulau kelapa, muka mulai cerah lagi..

Selesai makan acara dilanjutkan dengan snorkeling. Sayang sungguh disayang karena angin lagi kenceng jadi kami cuma bisa snorkeling di tempat2 tertentu. Waktu itu kami ke pulau bintang, pulau dolphin, sama pulau macan gundul (atau putri gundul, atau apalah yang jelas ada gundul-nya). Seperti biasa, snorkeling di pulau seribu perlu waspada tingkat tinggi, coz bulu babi ada dimana2. Tapi Alhamdulilah gak ada 1 pun dari kami yang kena bulu babi :D

*may day,, may day,, kapal miring ke kiri kapten..

Puas snorkeling kami maen2 di pulau macan gundul (atau putri gundul, atau apalah yang jelas ada gundul-nya) #diulang, hax hax. Pasir pantaiya putih, lembut, airnya juga bersih banget. Mirip2 lah sama pulau bira kecil yang menurut saya kaya kolam pribadi di lautan. Di sini kami maen lempar2an pasir lah, poto2 dengan berbagai gaya lah, berenang2 lucu lah, santai2 deh pokoknya, seru nih pas di sini. Puas maen di sini kami pun balik ke pulau bira. Sampe bira ternyata 2 temen kami yang tertinggal belum muncul juga, mulai khawatir. Alhamdulilah akhirnya mereka sampe juga di pulau bira sekitar jam 18.30, langsung deh mereka berdua disidang sama temen2 yang sama bahlulnya, ahaha

*jaipongan di laut? kenapa nggak :D

Malemnya kami main polisi maling dokter,
permainan seru yang ngelatih kita buat meyakinkan orang lain bahwa kita bukan maling, sambil terus ngebunuh temen satu demi satu, permainan psikologis yang sangat menarik. Puas maen kami shalat dulu, selesai shalat kami jalan ke dermaga buat nyalain kembang api n petasan air mancur. Di tengah gelapnya malam, yang didengar cuma suara ombak dan angin yang menggesek dedaunan, kami menciptakan momen kebersamaan yang insya Allah akan selalu terkenang. Di sini kami foto tulisan MPOS yang dibuat dari cahaya HP, foto yang bagus (setelah dicoba berkali2). Selesainya, kami pun langsung balik ke cottage buat mengistirahatkan diri setelah seharian penuh beraktivitas.

*makin malam makin mantap

Pagi datang, sensasi disambut suara ombak pas buka pintu cottage sangat menyenangkan. Pagi hari kami habiskan di dermaga pulau bira, dari atas dermaga terlihat terumbu karang yang warna/i, ikan2 kecil yang banyak banget, dan tak lupa pulu bulu babi. Kami gak bisa liat sunrise di sini coz mendung dan berawan, jadilah kami poto2 keluarga di sini. Selesai maen2 di dermaga kami langsung sarapan dan siap2 buat snorkeling lagi..

*bergaya di depan cottage n di dermaga :)

Di snorkeling hari ini kami
kaya punya tujuan bersama, yaitu bikin temen kami yang takut air berenang di tengah laut dan melihat keindahan di bawahnya. Sukses, kami pun sukses ngebuat doi nyebur dan ikutan snorkeling, butuh keberanian yang besar tuh buat orang yang pernah trauma karna hampir tenggelem. Spot snorkeling di sini yaitu pulau bira kecil, bagus spot snorklingnya, ada yang warna karangnya ijo terang, ada bintang laut biru, terumbu karang bentuk otak, ada juga yang kaya bunga, memanjakan mata banget. Setelah puas kami pun pindah spot snorkeling, di pulau kayu angin, tapi spot snorkelingnya bagusan yang sebelumnya si..

*snorkling terakhir, hiks

Selesai snorkeling di pulau ini tadinya kami mau balik ke bira kecil dan main2 di pantainya, tapi karna waktunya gak cukup jadi kami langsung balik ke bira. Di bira kami bersih2 dan langsung makan siang. Di sini kami berburu dengan waktu coz kami harus naik kapal dari pulau pramuka yang berangkat jam 1. Selesai bersih2 n makan siang kami langsung berangkat ke pulau pramuka. Sayang sungguh disayang kami ketinggalan kapal dari pramuka menuju angke. Nah di sini lah mulai bagian serunya.

*makan siang sebelum pulang, menu mantap

Waktu baru sampe pramuka kami ketemu warga pulau pramuka yang juga mau ke Jakarta. Kata beliau si harusnya ada kapal lain yang berangkat ke angke jam 3 sore, tapi hari itu tuh kapal gak beroperasi, katanya sih gara2 ombak yang gede. Nah, si bapak ini ngasih kami alternatif buat balik ke Jakarta, yaitu dengan nyewa kapal nelayan seharga 500 ribu. Dari segi biaya kami udah oke, tapi yang jadi masalah adalah keselamatan. Yap, awalnya saya takut dan mau milih stay 1 malam di pramuka aja, tapi karna esoknya banyak yang punya agenda lain, setelah diskusi cukup panjang akhirnya kami putuskan buat naik kapal nelayan, katanya sih jarak tempuhnya sekitar 4-5 jam dari normalnya 2 jam.

Sebelum berangkat kami shalat ashar dulu, doa bener2 dah tuh minta keselamatan coz emang perjalanan dari pramuka ke angke tuh beda kaya bira ke pramuka, ombaknya lebih besar coz ga ada pulau di sekitarnya. Setelah shalat kami beli cemilan, minum, obat mabok, buat persiapan selama di kapal. Setelah semua persiapan dah oke kami pun siap berangkat. Waktu itu temen saya bilang, “wah, nih cerita balik bakal ada di blog kita2 nih”, dan dalem hati saya Cuma berkata, “iya kalo kita sempet nulisnya”, ahahha, saya bener2 pesimis saat itu, kaya udah pasrah banget lah ama yang namanya kematian #gak lebay.

Baru sekian menit perjalanan kami langsung disambut ombak yang cukup tinggi, kapal kecil ini pun mulai goyang ke kanan dan ke kiri. Kami yang di kapal heboh, ketawa2 sambil istigfar, tiap ada ombak besar dan kapal mulai naik turun kami ketawa2, lagi2 cara ngilangin ketakutan yang aneh, yaitu ketawa2 sambil zikiran terus dalam hati. Sekian menit, berganti jam, lama2 saya pun terbiasa dengan ombak yang besar, saya mulai nikmatin perjalanan kapal yang goyang2, kaya naek kora2 campur arung jeram di dufan kali ya, bedanya ga ada jaminan keselamatan di sini.

Buat ngilangin kebosanan di kapal saya ngobrol2 sama nahkodanya, ternyata doi orang bugis. Trus gatau kenapa saya langsung tenang gitu pas tau doi orang bugis. Gak bermaksud apapun tapi menurut saya orang bugis tuh jagoannya dah dalam urusan melaut, mereka tuh punya motto “sekali layar terkembang, surut kita berpantang”, ga ada kata “omdo” dalam kamus hidup mereka kali ya, jadi pasti pengalamannya di lautan dah banyak banget tuh.

Alhamdulilah setelah berjam-jam, tepatnya 6,5 jam perjalanan akhirnya kami pun sampe di angke, pas nginjek daratan tuh rasanya lega banget. Perjalanan pulang yang luar biasa, naik kapal nelayan selama 6,5 jam karna ombak yang besar, kapal yang goyang ke kanan kiri, bener2 sensasi yang gak akan dilupain. Dari angke kami nyarter angkot sampe ke stasiun kota seharga 40ribu. Sampe di stasiun kota jam 22.15 dan kami naek kereta ekonomi ac terakhir yang jam 22.30. Begitu sampe di depok kami pun misah dan balik ke rumah masing2 dengan pengalaman yang gak akan terlupakan bersama teman2 tercinta :D

*sebuah pulau yang menjadi saksi kebersamaan 12 dari sekian banyak anggota keluarga besar MPOS :D

*tambahan: kelupaan nih, waktu pulang dari snorkling, kami liat kawanan lumba2 deket pulau bira. Seneng banget akhirnya liat lumba2, bahkan ada lumba2 yang loncat kaya lagi atraksi di ancol, dan 2 kali pula loncatnya, bener2 keren, how lucky we are ^^,