Selasa, 16 September 2008

dari syaikhon sampai abu rizal bakrie

mengenaskan, ironis, dan mengerikan, itulah perasaan gw ketika nonton berita tadi pagi tentang tragedi zakat di Pasuruan..

berawal dari seorang warga yang bernama Syaikhon yang sebenarnya berniat baik untuk membagikan zakat kepada warga pasuruan, tragedi ini pun dimuai... antrean warga miskin yang menginnginkan zakat sebesar Rp. 30.000,- sudah dimulai dari setelah shubuh, padahal zakat baru akan dibagikan pukul 09.00, mereka yang datang pagi-pagi buta tentu tidak ingin ketinggalan pembagian zakat yang meskipun bagi kita jumlahnya tidak seberapa, namu bagi mereka segalanya, disaat semua harga meroket dan kebutuhan tidak bisa di tunda pemenuhannya, maka tanpa firasat buruk sedikit pun mereka dengan sabar mengantri.

namun ternyata, sebelom zakat dibagikan pun antrean sudah sangat sesak, diperkirakan ada 5000 manusia terpusat di sekitar jalan pepaya, Pasuruan, dan hampir seluruhnya adalah perempuan, baik paruh baya maupun lansia. sudah dari pagi antre tentu mereka sudah sangat kelelahan, ditambah desakan dari segala penjuru karena banyaknya masa, udara yang tinggal sedikit di dalam kerumunan menjadi rebutan, lalu bagaikan disekap oleh bantal mereka kehabisan napas, dan akhirnya meninggal...

dari 5000 orang itu telah meninggal 21 orang yang kesemuanya perempuan, sungguh menyayat hati melihat kondisi Indonesia saat ini, bahkan nyawa manusia hanya berharga Rp. 30.000 di pasuruan, Allahu Akbar...

melihat ini membuat banyak orang berpikir, dan akhrnya tak habis pikir, kok bisa sih gara2 uang segitu meninggal??
yaa.. itulah kondisi indonesia, hanya demi 30.000 rela desak2an dan akhirnya meninggal, sungguh tragedi kemanusiaan yang memilukan, buat bahan evaluasi nih buat pemerintah..

lantas siapa yang salah? gw berpikir banyak pihak yang harus bertanggung jawab akan hal ini, pertama pak syaikhon, kenapa juga harus ngasih zakat secara individu gituh? kan ada BAZIS..
trus nih, udah liat orang bejibun banyak banget, tapi gak ada pasukan pengamanan satu pun, kok gak mikir sih?? buat orang2 yang mao ngasih zakat sendiri2 mungkin perlu denger cerita tentang keikhlasan ini..

tatkala bumi diciptakan, bumi itu bergetar hebat, lalu Allah menciptakan gunung sehingga bumi itu diam. lantas apakah gunung yang terkuat di bumi ini? tidak masih ada besi yang bisa menembus gunung. lalu apakah besi yang terkuat di dunia ini? tidak! masih ada api yang bisa melelehkan besi. api pun bukan yang paling kuat di bumi ini, karna masih ada air yang bisa memadamkan api. air juga bukan yang terkuat di dunia ini karna masih ada angin yang mampu menggerakkan air. berarti yang paling kuat adalah angin? tidak! ada yang lebih kuat dari itu semua, yaitu anak adam yang mengeluarkan sedekah dengan tangan kanannya sedangkan tangan kirinya tidak mengetahui.
dari sini kita tau kalo keikhlasan itu lebih kuat dari segala materi yang ada di dunia ini coz tujuan ikhlas itu cuma ada satu, yaitu ridha Allah SWT

jadi intinya menurut gw kalo emang mao ngasih zakat ya gausah diumbar gitu kali, udah aja diserahin ke bazis, masalah penyalurannya yang gag bener, dipasrahin aja ama Allah, toh Allah gak pernah tidur dan slalu mngawasi hambanya kan...kalo emang masih mao sendiri jah, ya gausah diumbar ampe sekota tau mau ada pembagian zakat oleh si Fulan atau si Fulanah, cukup datengin ke rumah orang yang gak mampu trus kasih dah zakatnya, selesai..

buat bazis, perlu evaluasi nih, ada aksi ada reaksi, dan menurut gw dengan pak syaikhon gak ngasih ke bazis itu merupakan reaksi dari aksi ketidakjujuran bazis, mungkin, wallahu'alam. coba lah terus perbaiki kinerja agar tidak ada lagi syaikhon syaikhon yang lain yang lebih percaya untuk memberi zakat secara langsung daripada dikordinir bazis.

trus buat pemerintah, coba dong perhatiin rakyat, gw masih gak abis pikir, kondisi kesejahteraan rakyat sangat berbanding terbalik dengan menterinya, Aburizal Bakrie, orang terkaya se-Asia Tenggara, si menteri sejahtera, bukan kesejahteraan rakyat..
itu tuh dampaknya kalo pengusaha masuk ke bidang politik, kebijakan yang dikeluarin pun yang mementingkan dirinya sendiri, contohnya tuh kasus lapindo, wong human error dan seharusnya jadi tanggung jawab bakrie malah dibilang bencana nasional dan negara yang nanggung, sungguh gw gak habis pikir, apa sih yang ditakutin para elite jail kalo ancaman siksa Allah di neraka aja gak mempan??

sungguh sangat menyedihkan kondisi indonesia saat ini, semoga Allah tidak menurunkan semakin banyak cobaan hanya karena para pemimpin yang gak bener, dan mulai dari sekarang semoga kita semua bersemangat buat berbuat segala sesuatu secara ikhlas dan senantiasa ngebantu warga Indonesia yang sedang kesusahan, khususnya kalo udah jadi elite nanti...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sama sar, gw juga miris bgt liatnya. pagi-pagi gw dah dikasih berita gituan di tipi. et dah.. serem bgt. sedih gw.

kan ada saksi yg diwawancara tuh. dia bilang, taun kemaren juga ada yg meninggal, dua org. trus dia bilang: "kok jadi kayak minta tumbal gini?" lah lah lah??

semoga nggak terulang lagi deh kejadian kayak gini

Fajrie mengatakan...

@ dayong: emang taun lalalu juga ada yang meninggal toh? berarti panitianya bener2 lalai tuh, sumpah gw kesel... mao nangis ngeliat kondisi indonesia kaya gini...